Minggu, 20 November 2011

Temu Akrab Ambalan SMAN 1 Tinambung

Oleh: Muh.Iqbal, alumni SMAN 1 Tinambung Angkatan 2005

Salam Pramuka!
Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan. Balanipa 13 – 14 Agustus 2011. Dalam rangka memperingati hari lahir Gerakan Pramuka yang ke – 50, Ambalan Ammana Wewang – Andi Depu Gudep 637 -638 SMA Negeri 1 Tinambung mengadakan Temu Akrab Ambalan yang menghadirkan pengurus Ambalan lama yang telah lepas secara formal dari SMA Negeri 1 Tinambung. Tapi secara emosional tidak, yakni para angkatan yang hadir mulai dari Alumni tahun 2005 s.d Alumni tahun 2011.
Acara berlansung selama dua hari dirangkaikan acara buka puasa, terwih dan sahur bersama. Di samping itu, juga diadakan pemberian materi tentang keparamukaan yang membahas tentang sejarah Gerakan Pramukan di dunia Indonesia dan di SMA Negeri 1 Tinambung itu sendiri oleh kalangan Penegak Laksana dan Penegak Bantara SMA Negeri 1 Tinambung.
Dilanjutkan dengan pembahasan materi adat Ambalan Layonga oleh Aisah Kadir, SE, yang juga merupakan alumni SMA Negeri 1 Tinambung yang aktif di kepramukaan seperti halnya pimpinan Koran Mandar Adi Arwan Alimin, Muhammad Ridwan Alimuddin, Dahri Dahlan, dan masih banyak di antara yang terlahir dari Kepramukaan SMA Negeri 1 Tinambung.
SMA Negeri 1 Tinambung pernah tersohor di bidang intrakurikuler dan ekstrakurikulernya. Juga dikenal dengan sebutan SMA Layonga. Salah satu kegiatan yang membuat SMA Layonga disegani adalah keaktifannya di Gerakan Pramuka. Pramuka di sekolah tersebut mulai muncul seiring berdirinya, yaitu pada tahun 1981.
Dalam acara tersebut juga ada diskusi atau tukar pengalaman antar pengurus tahun saat ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Perwakilan dari sekian angkatan yang sempat hadir yaitu Ilham Maulana (Penegak Bantara mantan Ketua Ambalan Angkatan Tahun 2005, Mahasiswa Teknik Arsitek-UNM Makassar transfer (pindah) kuliah di Fakultas Perikanan-UNSULBAR), Muh.Arif (Pengak Bantara mantan Ketua Ambalan Angkatan Tahun 2006, Mahasiswa Unika), Mahayuddin (Penegak Bantara mantan Ketua Ambalan Angkatan 2007), Nurmaidah Hamzah (Unismuh Makassar), Muhammad Rifai (Unasman), Hasbi (Usulbar), dan Aisyah Handaruna (UNM Makassar, Angkatan 2008). Angktan tahun 2009 saya sendiri, Denial dan Ahmad Fandi mahasiswa Unika, Angkatan 2010 diwakili Abdul Gafur (UNM Makassar), dan 2011 oleh Amran UNM Makassar) dan Fadri (Amik Tomakaka Majene).
Acara dihadiri staf guru Pembina dan Kepala Sekolah SMAN 1 Tinambung sebagai Kamabigus, yaitu Abd. wahab Fattah. Dosen UNSULBAR, Sahabuddin (mantan Ketua OSIS 2005, Guru TIK SMA Negeri 1 Tinambung) yang merupakan penegak Laksana Sarjana Unasman, Alumni SMA Negeri 1 Tinambung tahun  2005.
SMA Negeri 1 Tinambung merupakan salah satu tonggak kekuatan Pramuka Dewan Kerja Ranting (DKR) wilayah IV Polman, apalagi saat masih Tinambung lama. Barulah pada tahun terpisahnya Tinambung lama menjadi Kec. Balanipa, Limboro, Alu, Tinambung itu, SMA Negeri 1 Tinambung berada pada wilayah administratif Kecamatan Balanipa. Para anggota GUDEP-nya yang menjadi pengurus Ranting Balanipa yang selalu ternobatkan sebagai Ranting tergiat Polewali Mamasa (Sulawesi Selatan)-hingga sekarang Ranting Tergiat Polewali Mandar (Sulawesi Barat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar