Kamis, 24 November 2011

KABUPATEN MAJENE

Kabupaten Majene mempunyai posisi wilayah yang sangat strategis, terletak di sebelah Utara Kota Makassar. Luas wilayah 947,84 km2, dengan jarak tempuh dari ibukota Sulawesi Selatan sekitar ±302 km dan ±276 km dari ibukota Mamuju Sulawesi Barat, dilengkapi dengan terminal induk dan terminal pembantu, sistem transportasi perairan telah disediakan beberapa sarana pelabuhan yaitu pelabuhan Majene di kecamatan Banggai, Pelabuhan Palipi di kecamatan Sendana, serta Pelabuhan Laut yang ada di kecamatan Pamboang dan kecamatan Malunda.
Kabupaten Majene juga merupakan daerah perdagangan yang didukung dengan keberadaan sarana perdagangan berupa pasar permanen dan pasar darurat.
Di sektor industri kecil, memiliki prospek yang sangat cerah, karena terdapat 2.949 buah unit industri kecil yang tersebar di seluruh kecamatan dan mampu menyerap sebanyak 5.467 tenaga kerja. Industri kecil yang paling potensil adalah pengolahan ikan asin, pembuatan keramik, pertukangan dan pembuatan kopra. Sedangkan komoditas andalan adalah industri tenun gedongan sarung sutra mandar.
Di sektor peternakan, kabupaten Majene memiliki potensi pengembangan ternak besar seperti kerbau, sapi, Kuda, Kambing maupun ternak kecil, dan unggas seperti itik, ayam ras dan ayam buras yang populasinya terus berkembang, khusus ternak besar seperti kambing sebagian dipelihara oleh masyarakat untuk kebutuhan lokal dan lainnya untuk perdagangan antar pulau adapun ternak kecil diperuntukkan untuk komsumsi lokal.
Untuk menarik wisatawan mancanegara maupun domestik, telah disediakan dan dikembangkan beberapa obyek wisata yang tersebar pada setiap kecamatan, baik wisata alam, bahari dan budaya. Khusus obyek wisata unggulan telah dikembangkan Pantai Pasir Putih Dato Pangele, Pasir Putih Bondebonde, Permandian Air Panas Makula Limboro yang memiliki panorama alam yang indah.
Kabupaten Majene mempunyai atraksi wisata yang tak kalah menariknya, seperti Upacara Adat Mandar, Tarian Etnis Mandar Majene, Pelayaran Rakyat dan pembuatan minyak kelapa mandar.
                 
1. Letak Geografis                 
Secara geografi Kabupaten Majene terletak pada koordinat antara 2o 38 45 sampai 3o 38 45 Lintang Selatan dan 118o 45 00 sampai 119o 45 00 Bujur Timur.
Batas-batas wilayah :
~      Sebelah Utara                   :  Kabupaten Majene
~      Sebelah Selatan               :  Teluk Mandar
~      Sebelah Timur                 :  Kabupaten Polewali Mandar
~      Sebelah Barat                   :  Selat Makassar

2. Sektor Pemerintahan
Kabupaten Majene terdiri dari 4 (empat) kecamatan, 14 (empat belas) kelurahan dan 21 (dua puluh satu) desa.

3. Penduduk dan Ketenagakerjaan
Jumlah penduduk Kabupaten Majene sebanyak 138.825 orang yang terdiri dari laki-laki 65.900 orang dan perempuan 71.925 orang.

4. Keadaan Sosial   
a.     Kesehatan (Rumah Sakit) :
~      Rumah Sakit Umum                                  : 1 buah
~      Puskesmas                                                  : 6 buah
~      Puskesmas Keliling                                   : 9 buah
~      Puskesmas Pembantu                              : 31 buah
~      Apotek                                                          : 5 buah

b.     Agama (Tempat Peribadatan) :
~      Mesjid                                                           : 556 buah
~      Gereja                                                           : 4 buah
~      Langgar                                                        : 1 buah
~      Mushallah                                                    : 8 buah
~      Pura                                                                              :
~      Vihara                                                                           :

5. Sektor Pertanian
Potensi sektor pertanian Kabupaten Majene adalah tanaman pangan berupa sawah, beberapa komoditi pertanian unggulan seperti padi sawah, jagung, ubi kayu kacangtanah, kedelai. Kacang hijau, pemerintah Kabupaten Majene berupaya meningkatkan produksi dan ekspor, serta kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian.

6. Sektor Peternakan
Di sektor peternakan, kabupaten Majene memiliki potensi pengembangan ternak besar seperti kerbau, sapi, kuda, kambing maupun ternak kecil, dan unggas seperti itik, ayam ras dan ayam buras yang populasinya terus berkembang, khusus ternak besar seperti kambing sebagian dipelihara oleh masyarakat untuk kebutuhan lokal dan lainnya untuk perdagangan antar pulau adapun ternak kecil diperuntukkan untuk komsumsi lokal.

7. Sektor Perkebunan
Majene merupakan daerah yang terdiri atas tanah pegunungan dan tanah dataran rendah. Di bagian Selatan dan Barat sebagian besar terdiri atas tanah pegunungan. Karena itu daerah ini sangat tepat untuk dikembangkan berbagai komoditas pertanian.
Selain potensi tanaman pangan juga dapat dikembangkan dibidang perkebunan diantaranya kelapa dalam, kelapa hibrida kopi, cengkeh, kakao, jambu mente, lada, kemiri, kapok, vanili, sagu dan enau.

8. Sektor Pariwisata
Untuk menarik wisatawan mancanegara maupun domestik, telah disediakan dan dikembangkan beberapa obyek wisata yang tersebar pada setiap kecamatan, baik wisata alam, bahari dan budaya. Khusus obyek wisata unggulan telah dikembangkan Pantai Pasir Putih Dato Pangele, Pasir Putih Bondebonde, Permandian Air Panas Makula Limboro yang memiliki panorama alam yang indah.

Kabupaten Majene mempunyai atraksi wisata yang tak kalah menariknya, seperti Upacara Adat Mandar, Tarian Etnis Mandar Majene, Pelayaran Rakyat dan pembuatan minyak kelapa mandar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar