Rabu, 18 Januari 2012

Ada Sesuatu pada Kopi


Kopi [coffee], mengingatkan kita akan minuman hangat berwarna coklat kehitaman. Bagi para penikmat kopi, biasanya mereka akan merasa ada sesuatu yang kurang manakala dalam satu hari tanpa kopi. Pada tahap inilah kemudian kopi menjadi semacam candu bagi mereka. Maka, penting juga bagi kita untuk mengetahui sejauh mana kandungan kimiawi kopi dan dampak kopi bagi tubuh kita.
Asam klorogenik salah satu kandungan kimawi dari kopi. Zat ini dapat berperan sebagai antioksidan, juga mampu mengatasi efek buruk dari radikal bebas. Selain itu, asam klorogenik juga bisa meningkatkan produksi Adenosin, yaitu sejenis hormon yang jika diproduksi dalam jumlah kurang bisa mengakibatkan jantung berdetak melebihi frekuensi normal, serta merangsang pelebaran pembuluh darah. Menurut Prof. Peter Martin dari Vanderbilt University, asam klorogenik mampu meningkatkan kadar adenosin dengan mencegah penyerapannya kembali (reabsorpsi) oleh tubuh. Karena itu, para ilmuwan terus berusaha mensintesis komponen-komponen tertentu dalam kopi untuk memperoleh manfaat optimal. Namun, mereka mengakui bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk bisa memproduksi obat anti insomnia tersebut. Selain itu kandungan asam klorogenik dalam kopi dinyatakan dapat mengurangi efek kafein. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung 100-150 miligram kafein. kafein inilah yang dapat memacu jantung berdebar-debar bagi sebagian orang.
Efek kandungan kafein pada kopi
Dalam “The Pharmacological Basis of Therapeutics” oleh Dr. J. Murdoch Ritchie disebutkan bahwa:
  1. Efek positif dari kafein antara lain : menambah kecepatan berpikir dan inspirasi, menyembuhkan rasa ngantuk dan kelelahan, peningkatan sensor stimuli dan reaksi motorik; misalnya seorang yang mengetik akan dapat bekerja lebih cepat dan dengan tingkat kesalahan lebih kecil. Secara kedokteran, menurut Dr. Ritchie, kafein yang terkandung dalam 1 sampai 2 cangkir kopi dapat menambah detak jantung, melebarkan pembuluh darah, mendorong aliran sampah-sampah cair maupun padat dari dalam tubuh, sehingga badan kita terasa lebih “segar”.
  2. Efek negatif kafein bila diserap oleh tubuh secara berlebihan antara lain: kecemasan kronis, gelisah, lekas marah, insomnia, otot berkedut, dan diare. Kafein dalam jumlah yang lebih besar (yang dikandung oleh -misal- 10 cangkir kopi yang diminum berturut-turut) akan bersifat racun bagi tubuh. Efek yang ditimbulkan antara lain : muntah, demam, dan kebingungan secara mental. Kafein dalam jumlah yang sangat besar bahkan dapat menjadi zat yang mematikan. Dosis mematikan bagi manusia adalah sekitar 10 gram, atau kira-kira 100 cangkir kopi yang diminum berturut-turut
Para peneliti sejak lebih dari 20 tahun lalu sudah berusaha menghubungkan kopi atau kafein yang terkandung di dalamnya dengan berbagai macam penyakit, tapi sampai sekarang tidak mendapatkan bukti yang meyakinkan. Tahun 70-an di Amerika Serikat pernah dipublikasikan bahwa meminum 12-24 gelas kopi sehari dapat menyebabkan gangguan kehamilan. Yang perlu diperhatikan, meski anda sedang hamil atau tidak, adalah konsumsi yang wajar.
Plus minus bagi kesehatan lainnya
Pada referensi yang lain secara terperinci dijelaskan beberapa plus dan minusnya kopi bagi tubuh peminumnya, antara lain :
  • Kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah sebutannya alz-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan teruknya sehinggakan pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri.
  • Kopi dapat mengurangi resiko terkena pengakit Parkinson 50% – 80%. Pengakit Parkinson(paralysis agitans) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson.
  • Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
  • Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
  • Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil.
  • Kopi merupakan efektif antioksidan. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas and mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif
  • Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
  • Kopi juga membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal (vibizlife.com).
  • Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.
  • Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bia dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. (vibizlife.com)
Berapa konsumsi harian kita ?
Dalam jumlah yang wajar kafein dapat membantu pikiran, pekerjaan, dan pergaulan, tapi akan berubah menjadi racun bila dikonsumsi secara berlebihan. Tuhan kita, Allah Ta’ala pun telah berpesan pada kita, bahwa berlebih-lebihan dalam makan dan minum itu tidak baik. Lalu pertanyaannya kemudian berapa jumlah yang tepat berbeda untuk tiap orang ? Yang bisa dijadikan pedoman adalah bahwa sampai saat ini tidak ada penelitian yang menyebutkan efek-efek negatif kafein terjadi bila dikonsumsi dengan dosis di bawah 300 miligram sehari.
Bahwa penelitian terakhir menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2-4 cangkir kopi setiap hari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Namun seperti saya sebutkan di atas, efek kafein pada tiap orang berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar